Kamis, 19 Desember 2013

KONDISI PADA PROLOG

1. Apa yang kalian ketahui tentang menu pada Prolog ?
2. Sebutkan & Jelaskan macam – macam kondisi pada Prolog ?
3. Sebutkan & Jelaskan syntax – syntax kondisi pada Prolog ?
4. Buat program kondisi pada Prolog ?

Jawab :

1. Menu pada Prolog adalah Sekumpulan coding yang diketikkan dan membentuk sebuah menu dengan lebih dari 1 pilihan atau menu merupakan variabel yang mewakili program yang ada dipanggil pada console SWI – PROLOG dengan menuliskan menu.

2. IF : Kata IF merupakan kata yang dikenal prolog untuk menyatakan kalimat bersyarat atau disimbolkan dengan “ :’ “ ( jika kemungkinan ada lebih dari satu jawaban gunakan tanda “ ; “ pada akhir setiap jawaban.

-          IF pada visual Prolog memiliki struktur yang sama pada bahasa pemrograman pada umumnya, semua penulisannya sedikit membingungkan karena tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, seperti java yang akhir dan awal statement menggunakan kurung kurawal, atau visual basic menggunakan then end if.

-          Jika IF ELSE : Jika salah satu kondisi ( kondisi teratas ) terpenuhi, maka kondisi teratas di eksekusi, kondisi dibawahnya tidak akan tereksekusi.

-          Sedangkan Jika terdapat 2 atau lebih IF : Jika kondisi teratas terpenuhi akan di eksekusi, jika kondisi dibawah juga terpenuhi, maka kondisi kedua juga akan dieksekusi tidak berdasarkan kondisi diatasnya memenuhi kondisi atau tidak.

-          Sedangkan Jika IF BERSARANG : Jika kondisi (1) teratas terpenuhi, maka akan mengeksekusi kondisi (2) didalamnya lagi, dan jika kondisi didalamnya ke (3) terpenuhi juga, maka akan lanjut mengeksekusi, dan jika kondisi (1) sudah tidak terpenuhi, maka kondisi (2) dan (3)tidak akan dicocokkan kondisinya.

3. WRITE( ) : Syntax digunakan untuk mencetak variabel string yang diapit dengan petik tunggal
                   ( ‘ ).
NL( )        : Dikenal newline merupakan perintah untuk pindah menuju baris yang baru.
READ( )   : Syntax ini digunakan untuk memeberikan nilai inputan pada variabel yang
                   diberikan didalam tanda kurung.

4. Kondisi pada PROGRAM PROLOG :
depan(A,A):-A<10
depan(A,B):-
A1 is A//10
depan(A1,B1),
B is B1.

INPUT : ?-depan(256,X).
OUTPUT : Yes.X=2

-          kondisi :nl,
write(‘Masukan Umur’),read(A),nl,
X if A>25->
write(‘tua’);
write(‘muda’);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar